Yunanto Wiji Utomo | Tri Wahono | Rabu, 18 Januari 2012 | 20:38 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Ilmuwan IBM menciptakan peta Bumi terkecil, berukuran 22 x 11 mikrometer (1 mikrometer sama dengan sepersejuta meter). Untuk membayangkan ukurannya, kira-kira kumpulan 1.000 buah peta ini setara dengan besar 1 butiran garam.
Inovasi yang dilakukan IBM itu diberi penghargaan sebagai peta Bumi terkecil oleh organisasi Guinness World Record. Karya terbaru ilmuwan IBM tersebut dimasukkan dalam Guinness World Record 2012 (resmi, tak ada lagi Guinness Book of World Record).
Bagi ilmuwan IBM, karya ini dibuat bukan untuk meraih popularitas. Ilmuwan mengembangkan peta terkecil untuk menunjukkan terobosan dalam membuat struktur kompleks dalam wujud mini.
Ilmuwan mengharapkan, ada lebih banyak lagi inovasi di bidang nanoteknologi yang dikembangkan, meliputi wilayah elektronik, kedokteran, serta ilmu hayati. Nanoteknologi diharapkan membantu kehidupan manusia di masa mendatang.
Peta Bumi terkecil ini dibuat dengan polimer perak mini. Pola dibuat dengan “pensil” mini berbahan silikon berukuran 100.000 lebih kecil dari ujung pensil yang runcing. Teknik yang dipakai mirip seperti cara bangsa Mesir membuat hieroglif.
Selain membuat peta Bumi terkecil, ilmuwan IBM yang ternyata juga gemar mendaki gunung menciptakan miniatur Matterhorn, salah satu puncak pegunungan Alpen di Swiss. Miniatur itu hanya berukuran 25 nanometer atau 25 per satu miliar meter.