Merry Wahyuningsih – detikHealth

Jakarta, Tak sedikit atlet atau olahragawan yang menggunakan minuman berenergi untuk meningkatkan stamina. Padahal minuman berenergi mengandung banyak gula yang bisa membahayakan. Sebagai gantinya, pisang menjadi pilihan yang lebih baik.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pisang bisa mengalahkan minuman berenergi sebagai sumber stamina bagi atlet. Buah ini kaya akan kalium dan nutrisi, yang selalu menjadi favorit untuk daya tahan pelari dan pengendara sepeda.

Baru-baru ini ilmuwan telah memastikan bahwa pisang bisa menyediakan tingkat energi yang sama dengan minuman berkarbohidrat. Selain itu pisang juga mengandung gula alami yang lebih sehat ketimbang minuman berenergi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pisang mengandung antioksidan yang tidak ditemukan dalam minuman olahraga, yang membuatnya memiliki dorongan nutrisi yang lebih besar.

“Ini menunjukkan sumber energi sehat masih dapat mendukung kinergi tinggi seorang atlet,” jelas Dr David Nieman, dari Appalachian State University di North Carolina kepada Daily Express, seperti dilansir indiavision, Minggu (3/6/2012).

Minuman olahraga atau berenergi biasanya mengandung air dan elektrolit, seperti natrium dan kalium untuk menghilangkan dehidrasi dan karbohidrat, seperti gula untuk energi. Minuman ini mampu mengisi cairan tubuh dan menyediakan bahan bakar ekstra untuk kegiatan olahraga dengan durasi yang panjang atau sekitar 90 menit.

Sayangnya, kandungan gula dan asam mana minuman jenis ini biasanya tergolong tinggi, sehingga bisa membahayakan tubuh dan meningkatkan risiko diabetes dan kecelakaan energi.

Selain itu, seperti semua minuman berasa asam dan manis, minuman berenergi juga berkontribusi terhadap kerusakan gigi. Jadi penting untuk mempertimbangkan memilih minuman berenergi ketika Anda berolahraga.

Semoga bermanfaat …