Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 26 Desember 2012 | 11:39 WIB

lemonwaterctt

Kompas.com – Irisan buah lemon lebih sering dipakai sebagai hiasan di gelas minuman atau dicampurkan dalam segelas air. Padahal buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral serta punya sederet khasiat kesehatan.

Ketahui apa saja khasiat sehat air lemon yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan kesehatan Anda.

Membersihkan sistem

Manfaat air lemon secara detail dijelaskan oleh Jethro Kloss dalam bukunya “Back to Eden”. Ia menyebutkan lemon mampu mencegah sepsis, sebuah kondisi medis serius sebagai respon dari infeksi bakteri. Sementara itu Dr.Gillian McKeith penulis buku “You Are What You Eat” menyebutkan segelas air hangat yang ditambah perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk membersihkan sistem pencernaan.

Mengatasi gangguan pencernaan

Lemon juga terbukti mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti perut kembung, kram perut, gas, atau rasa terbakar (heartburn). Minum air lemon secara teratur untuk mencegah konstipasi dan diare. Selain itu perasan tiga atau empat buah lemon bisa membantu meredakan nyeri menstruasi. Lebih baik jika air lemon dicampurkan dalam segelas air hangat.

Menyehatkan liver

Menurut Kloss, air lemon bisa membantu melarutkan asam urat dan zat-zat racun di liver, mencairkan batu empedeu dan membantu mengatasi gejala demam malaria. Lemon sangat kaya akan kandungan potasium sehingga efektif mengatasi ganguan kantung empedu. Untuk mereka yang memiliki gangguan liver dianjurkan untuk minum perasan lemon yang dicampur air hangat satu jam sebelum sarapan setiap hari.

Semoga bermanfaat …