5074743-breakfast-still-life-green-tea-with-cookies-and-jasmine
Penulis : Lusia Kus Anna

Kompas.com – Minuman apa yang selalu tersaji di pagi hari? Sebagian besar akan menjawab teh atau kopi. Meski kopi lebih populer sebagai pembangkit semangat, namun teh, khususnya teh hijau, punya sederet manfaat yang membuatnya jadi minuman wajib di pagi hari.

– Mencegah kanker
Penelitian berskala kecil menunjukkan, pasien kanker payudara yang diberikan ekstrak teh hijau selama 6 bulan mengalami perbaikan kondisi berupa penurunan penanda penyebaran tumor. Selain itu, pria penderita kanker prostat yang rajin minum teh hijau mendapat manfaat penurunan kadar inflamasi.

– Menyehatkan jantung
Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tambahkan perasan lemon untuk mendapatkan ekstra vitamin C sehingga membantu tubuh menyerap antioksidan.

– Bertenaga
Para ilmuwan menemukan, tikus yang diberikan ekstrak teh hijau memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi 24 persen.

– Melangsingkan
Katekin, antioksidan dalam teh hijau terbukti mengikis lemak perut.

– Mengatasi alergi
Peneliti dari Jepang menemukan bahwa komponen EGCG, antioksidan lain dalam teh hijau, mampu meningkatkan kekebalan tubuh melawan reaksi alergen.

– Meningkatkan daya ingat
Penelitian di Kanda menemukan bahwa siput yang diberikan air yang dicampur dengan epicatekin, jenis antioksidan dalam cokelat dan teh hijau, mengalami peningkatan daya ingat. Kabar baiknya, peningkatan memori itu juga akan dialami oleh manusia yang rutin minum teh hijau.

Semoga bermanfaat …