1-5

Internet memudahkan semua orang untuk memperoleh berbagai informasi yang diinginkannya, belum termasuk kemudahan untuk mendapatkan film, musik dan game favorit. Akibatnya banyak orang yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer karena ‘kecanduan’ pada internet. Padahal menurut studi baru, terlalu lama main internet dapat memunculkan efek withdrawal (sakaw) layaknya pengguna obat-obatan terlarang.

Selain itu, main internet selama berjam-jam menyebabkan munculnya ‘mood negatif’ pada pelakunya dan sama halnya dengan pecandu obat-obatan, suasana hati ‘pecandu’ internet baru akan membaik jika mereka kembali bermain internet.

“Temuan kami menunjukkan bahwa separuh generasi muda yang kami pelajari menghabiskan begitu banyak waktu dengan internet yang memiliki konsekuensi negatif pada seumur hidupnya. Jadi ketika mereka offline, mereka menunjukkan penurunan mood layaknya orang-orang yang kecanduan obat terlarang seperti ekstasi,” ungkap Profesor Phil Reed dari departemen psikologi.

Kesimpulan itu diperoleh setelah melibatkan 60 partisipan dengan usia rata-rata 25 tahun di College of Human and Health Sciences, Swansea University, UK. Partisipan diberi serangkaian tes psikologi untuk mencari tahu kadar kecanduan partisipan terhadap internet, suasana hati atau mood, tingkat kecemasan dan apakah partisipan mengalami depresi atau tidak.

Kemudian partisipan diminta untuk browsing internet selama 15 menit, barulah setelah itu kondisi mood dan tingkat kecemasan partisipan dicek kembali.

“Dampak negatif dari penggunaan internet secara berlebihan dapat dilihat pada berbagai aspek kehidupan pecandu. Kecanduan internet juga dikaitkan dengan depresi, impulsif dan autisme,” simpul peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (19/2/2013).

Dengan kata lain studi yang dipublikasikan dalam jurnal Plus One ini mencatat bahwa penggunaan internet memberikan dampak yang luar biasa terhadap mood positif orang-orang yang kecanduan internet. Apalagi dengan munculnya withdrawal (sakaw) yang menunjukkan adanya perbedaan efek yang signifikan antara orang yang kecanduan dengan pengguna internet yang biasa-biasa saja.

Bahkan peneliti menduga gejala withdrawal ini bisa jadi lingkaran setan. “Dampak negatif paparan internet terhadap mood pecandu internet dapat berkontribusi terhadap peningkatan penggunaan internet oleh individu-individu tersebut dalam rangka mengurangi rendahnya mood mereka, terutama dengan penggunaan internet secara berlebihan,” tutup peneliti.
Sumber : Detik.com

Semoga bermanfaat …