Masalah-pada-kuku-dan-penyebabnya1

Hestianingsih – wolipop

Jakarta – Saat melakukan perawatan manikur/pedikur, memotong atau mewarnai kuku, sempatkanlah memperhatikan kondisi kuku Anda. Apakah ada perubahan warna, mudah patah atau permukaannya kasar? Kuku bisa menjadi indikator kondisi kesehatan Anda, apakah semuanya baik-baik saja atau ada gangguan fungsi organ. Anda patut waspada dan sebaiknya segera periksakan ke dokter apabila menemukan satu dari delapan tanda berikut ini pada kuku, seperti dikutip dari Times of India.

1. Kuku Cekung
Permukaan kuku seperti melengkung ke dalam akibat penipisan. Ini biasa terjadi pada orang yang mengalami psoriasis, yaitu penyakit kulit yang menimbulkan ruam-ruam merah pada kulit. Bisa juga karena ada gangguan pada jaringan kulit dan tanda awal alopecia (kerontokan rambut).

2. Kuku Menguning atau Menebal
Orang yang memiliki kuku kuning, menebal dan rapuh biasanya karena mengalami infeksi jamur. Umumnya disebabkan karena gaya hidup yang tidak higienis atau membiarkan luka terlalu lama di kutikula kuku.

3. Kuku Pucat
Kuku yang sehat berwarna merona atau agak pink. Tapi jika kuku berwarna pucat, menandakan Anda mengalami anemia atau kurang darah. Tapi apabila kuku sangat pucat, sebaiknya periksa ke dokter karena bisa juga merupakan sinyal awal diabetes atau gangguan pada liver.

4. Garis Hitam
Jika Anda mendapati ada garis hitam vertikal yang muncul dari bawah kuku, patut waspada karena kemungkinan itu tanda awal Melanoma, salah satu jenis kanker kulit. Biasanya muncul pada salah satu jari, terutama jempol.

5. Kuku Membiru
Kuku yang membiru pertanda kurangnya oksigen di dalam tubuh. Penyebab kekurangan oksigen bisa bermacam-macam, salah satunya bisa karena infeksi paru-paru atau masalah pada jantung.

6. Kuku Rapuh dan Mudah Patah
Kuku yang kering, rapuh dan mudah patah adalah akibat dari seringnya penggunaan bahan-bahan kimia keras. Misalnya aseton atau cat kuku.

7. Garis Putih
Jika Anda mendapati ada garis-garis putih di seluruh bagian kuku pada lebih dari dua jari, kemungkinan karena ada gangguan pada ginjal. Bisa jadi juga karena kekurangan protein di dalam tubuh.

8. Garis Merah
Garis-garis kecil berwarna merah atau kecoklatan yang tampak seperti darah kering, mengindikasikan ada masalah pada jantung atau terjadi cedera yang melukai bagian dalam kuku. Misalnya terbentur, tertindih atau terjepit benda.

Semoga bermanfaat …