Penulis : Rosmha Widiyani

KOMPAS.com – Perut kembung dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Gangguan ini ternyata lebih kerap dialami perempuan dibanding laki-laki.

Menurut pakar gastroenterologi dan pendiri Digestive Centre for Women, Washington D.C., Robynne Chutkan, hal tersebut dikarenakan saluran pencernaan wanita yang lebih panjang dibanding laki-laki. Akibatnya perempuan dan laki-laki memiliki jalur pencernaan yang sedikit berbeda.

perut

Kendati begitu, kembung sesungguhnya bisa dihindari. Berikut 6 tips mencegah kembung yang dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari,

1. Kurangi asupan garam

Terlalu banyak garam bisa menyebabkan kembung dan edema. Edema adalah pembengkakan yang diamati dari akumulasi cairan dalam jaringan tubuh.

Seorang wanita sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih banyak dari 1.500 miligram garam per hari. Wanita juga disarankan tidak menambahkan garam pada hidangan dan membatasi penggunaannya saat memasak. Selain itu makanan siap saji tidak boleh ada dalam daftar menu sehari-hari.

2. Makan lebih banyak serat

Mengkonsumsi kombinasi serat, baik yang sifatnya larut maupun tidak, adalah cara efektif untuk tetap sehat. Konsumsi keduanya juga mencegah rasa kembung yang timbul saat yang terjadi konstipasi. Makanan yang kaya serat antara lain jeruk, jamur, raspberry, brokoli, dan kubis.

3. Konsumsi lebih banyak makanan kaya potassium

Potassium membantu menyingkirkan kelebihan air dari dalam tubuh. Mengkonsumsi asupan kaya potassium seperti pisang, membantu mengecilkan ukuran pinggang. Namun setelah konsumi asupan kaya potassium pastikan untuk latihan, supaya berat tubuh tidak bertambah.

4. Cukup minum

Minum cukup air akan memudahkan serta melaksanakan tugasnya mencegah konstipasi. hal ini akan mencegah terjadinya kembung usai makan. Selain itu, tidak minum cukup air akan merusak keseimbangan kadar sodium dan potassium dalam tubuh.

5. Hindari makanan yang sulit dicerna

Wanita sebaiknya tidak mengkonsumsi asupan yang sulit dicerna, seperti makanan dengan kadar lemak dan gula tinggi. Kedua asupan akan mempermudah timbulnya kembung.

Pilihlah makanan yang mudah dicerna yakni jenis pangan non olahan atau sayuran yang dikukus kukus.

6. Singkirkan pemanis buatan

Kerap ditemukan pada air berperisa, makanan diet, rendah karbohidrat, dan bebas gula, pemanis buatan tidak dicerna secara sempurna dalam tubuh. Pemanis ini dicerna bakteri dalam usus besar. Proses fermentasi menyebabkan banyaknya gas yang timbul dan mengakibatkan kembung.

Untuk mengatasi hal tersbeut, wanita sebaiknya selalu memeriksa label makanan. Melalui pengecekan label, da[at diketahui apakah makanan tersebut mengandung pemanis buatan seperti sorbitol, mannitol, xylitol dan lacitol.

Semoga bermanfaat …